Cara Membuat Palworld Dedicated Server, Bisa Mabar hingga 32 Pemain!

By gamerismeID 3 Min Read

Palworld adalah game yang paling banyak dibicarakan saat ini. Berita baiknya, kamu bisa merasakan keseruan game tersebut bersama puluhan pemain lain dalam satu server yang sama. Sebutannya “Dedicated Server”.

Dedicated Server adalah satu dari empat mode bermain yang tersedia di Palworld. Tiga mode lainnya termasuk Single Player, Private Multiplayer Server, dan Public Multiplayer Server.

Mode Dedicated Server pada dasarnya punya konsep yang serupa dengan Private Multiplayer. Dalam mode ini, kamu bisa membuat server pribadi yang bisa diikuti sejumlah pemain.

Yang berbeda adalah jumlah pemainnya. Sementara Private Multiplayer hanya bisa diikuti maksimal pemain, Dedicated Server bisa melibatkan lebih dari 32 pemain untuk bergabung dan main di server yang sama.

Namun, sebelum bisa bermain, kamu harus menyiapkan Palworld Dedicated Server Hosting terlebih dahulu. Belum tahu caranya? Tenang, Gamerisme akan memberikan panduannya di sini!

Cara membuat Palworld Dedicated Server

cara membuat dedicated server palworld

Meski terdengar rumit, membuat Dedicated Server Hosting di Palworld sebetulnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan benar. Berikut penjelasannya:

  1. Buka Steam.
  2. Di Library akun Steam kamu, pastikan untuk mencetang “Tools”.
  3. Pada kotak pencarian Library, cari “Palworld”, lalu akan muncul dua pilihan: Palworld dan Palworld Dedicated Server.
  4. Download Palworld Dedicated Server (ukurannya sekitar 5GB).
  5. Setelah download selesai, buka Palworld Dedicated Server dan pastikan muncul pop up Command Prompt dengan tulisan “Setting breakpad minidump AppID”.
  6. Tutup terlebih dahulu Dedicated Server, kemudian buka pengaturan Router di laptop kamu (caranya bisa berbeda-beda, tergantung router masing-masing).
  7. Pada pengaturan Router, pilih Port Forward 8211 (port default yang disediakan Pocket Pair).
  8. Kamu juga bisa menggunakan port berbeda di file WorldSettings.ini yang terletak di direktori Dedicated Server.
  9. Setelah set up Router, kembali buka Palworld Dedicated Server.
  10. Bagikan alamat IPv4 kamu ke pemain yang diajak bermain bersama. Jangan lupa tambahkan :8211 pada bagian akhir alamat IPD (misal: 11.111.111.11:8211).

Cara bergabung ke Dedicated Server Palworld

Untuk bergabung dengan Palworld Dedicated Server yang telah dibuat, kamu hanya perlu memilih mode “Join Multiplayer Game” di menu utama Palworld.

Setelah itu, masukkan alamat IPv4 + Port yang telah dibuat sebagai Dedicated Server Palworld. Kemudian, klik “Connect” dan tunggu hingga berhasil masuk ke server.

Itulah cara membuat Dedicated Server di Palworld. Mudah bukan?

Omong-omong, sebelum membuat Dedicated Server, pastikan laptop atau PC yang digunakan untuk membuat server memiliki setidaknya RAM 8GB dengan koneksi internet yang cepat dan stabil.

TAGGED:
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.