Farewell Charles Martinet, Pengisi Suara Mario Itu Undur Diri

By gamerismeID 2 Min Read

27 tahun lamanya Charles Martinet bekerja sebagai pegisi suara karakter ikonik salah satu game milik Nintendo, Mario. Pada akhir Agustus lalu, ia memutuskan undur diri.

Martinet bukan hanya pengisi suara, melainkan juga aktor sekaligus penulis. Ia lahir di California, Amerika Serikat, pada 17 September 1955, dengan nama panjang Charles Andre Martinet.

Sebagai pengisi suara, Martinet dikenal sebagai sosok di balik suara Mario. Jika ditotal, Martinet telah bekerja sebagai pengisi suara Mario sejak Super Mario 64 (1996).

super mario

Ia bahkan pernah memenangkan rekor dunia dalam The Guiness World Record karena telah mengisi sebanyak 104 suara dengan karakter yang sama (Mario).

Tidak hanya suara Mario, Martinet juga pernah mengisi suara beberapa karakter lain di Super Mario, di antaranya adalah saudara kembar Mario, Luigi, serta Wario selaku musuh bebuyutan mereka.

Karakter Waluigi, Toadsworth, Baby Mario, hingga Baby Luigi adalah karakter lain yang pernah ia isi suaranya. Semuanya tersebar di berbagai judul Mario, mulai dari Super Mario 64 hingga seri Mario Kart.

super mario

Pada usianya yang ke-67 tahun, Martinet mengakhiri perannya yang sudah diemban selama 27 tahun.

“Pertualangan baruku dimulai! Kalian semua adalah nomor satu di hatiku!” tulis Martinet di akun Twitter miliknya.

“Merupakan suatu kehormatan bekerja dengan Charles untuk membantu menghidupkan Mario selama bertahun-tahun dan kami ingin berterima kasih dan merayakannya,” bunyi keterangan resmi Nintendo.

Belum jelas siapa yang akan menggantikan Martinet mengingat judul terbaru, Super Mario Bros. Wonder, akan hadir beberapa bulan lagi.

Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.