5 Game Stealth Terbaik Sepanjang Masa

By gamerismeID 5 Min Read

Sejak diperkenalkan pertama kali lewat Thief dan makin populer berkat seri Metal Gear, genre stealth terus berkembang. Jumlah game yang menyematkan mekanisme ini sebagai bagian gameplay juga kian banyak.

Meski terbilang populer, mungkin masih ada yang belum benar-benar familier dengan stealth. Oleh karena itu, sebelum masuk ke pembahasan utama, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu game stealth.

Stealth adalah jenis game di mana kamu harus berusaha untuk sebisa mungkin menghindari deteksi musuh. Tujuannya agar tetap tidak terlihat atau tidak terdengar, sehingga kamu dapat mencapai tujuan mereka tanpa terlibat dalam pertarungan terbuka.

Di artikel ini, Gamerisme akan membahas daftar game stealth terbaik sepanjang masa. Ada game apa saja?

Hitman 3

Hitman 3 adalah game stealth yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Ini adalah game ketiga dan terakhir dalam trilogi reboot dari seri Hitman, yang dimulai dengan Hitman”(2016) dan dilanjutkan dengan Hitman 2 (2018). Game ini dirilis pada tanggal 20 Januari 2021 untuk berbagai platform, termasuk PlayStation, Xbox, dan PC.

Dalam Hitman 3, kamu kembali mengendalikan karakter utama, yaitu Agente 47, seorang pembunuh bayaran yang sangat andal. Seperti game sebelumnya, kamu harus menyelesaikan sederet misi dengan berbagai cara, termasuk penyusupan diam-diam. Tujuan utama dari setiap misi adalah untuk menghilangkan target-target tertentu.

Assassins Creed

Assasins Creed adalah salah satu game stealth terbaik dan terpopuler sepanjang masa. Maka, sesungguhnya agak aneh sekaligus menyebalkan karena Ubisoft menghilangkan mekanik tersebut di beberapa seri Assassins terbaru–sebelum akhirnya kembali menghadirkannya di Assassins Creed Mirage.

Di game ini, kamu berperans ebagai Altair yang berpetualangan sembari memanjat, meloncat bak seorang penggila parkour, menyusup, membunuh secara diam-diam. Semua aksi menyelinap tersebut terasa memuaskan sehingga membuat game ini masih layak dimainkan hingga kini, bahkan untuk ukuran game yang rilis pada 2007.

Splinter Cell: Chaos Theory

Splinter Cell: Chaos Theory adalah game stealth yang menempatkan pemain untuk berperan sebagai Sam Fisher, seorang agen rahasia Amerika yang bekerja untuk divisi rahasia NSA yang dikenal sebagai Third Echelon. Dalam game ini, pemain harus menjalankan berbagai misi rahasia yang melibatkan infiltrasi ke lokasi-lokasi berbahaya dan pengumpulan informasi vital.

Seperti daftar-daftar sebelumnya, aksi menyelinap dan menghindari konflik dalam game ini amat berkesan. Tiap kali melewati satu misi tanpa ketahuan sama sekali memberikan kepuasan yang tak tertera. Terlebih, jika semua aksi tersebut dilakukan sambil menggunakan kacamata malam milik Sam yang punya fitur night vision. Ikonik!

Dishonored 2

Dishonored 2 adalah game aksi-petualangan dengan unsur-unsur stealth yang kuat. Pemain dapat memilih untuk bermain sebagai salah satu dari dua karakter protagonis, Emily Kaldwin atau Corvo Attano, yang keduanya memiliki kemampuan unik. Ceritanya berlangsung di kota fiksi bernama Karnaca, sebuah lingkungan yang luas dan penuh detail dengan berbagai tantangan dan rahasia yang harus dipecahkan.

Kesuksesan game ini berkaitan erat dengan judul pertamanya. Karena Arkane berhasil memantapkan fondasi yang kuat di judul pertama tersebut, sekuel yang diberi nama Dishonored 2 ini tinggal meneruskannya. Ditambah detail dunia Karnaca yang luar biasa, membuat Dishonored 2 jadi game stealth yang tak terlupakan.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Ada banyak alasan untuk menyukai Metal Gear Solid V: The Phantom Pain: Karena dibuat oleh Hideo Kojima, karena gameplay-nya yang super intens, karena cerita yang kaya dan padat, juga karena pendekatan stealth-nya yang tidak membosankan.

Seperti kebanyakan game stealth, kamu yang berperan sebagai Big Boss akan menyelinap dan melakukan berbagai aksi pembunuhan diam-diam. Namun, apa yang bikin game ini menarik adalah elemen-elemen yang ada akan merespons setiap tindakan.

Katakanlah kamu berhasil membunuh satu musuh tanpa ketahuan. Saat ingin membunuh musuh berikutnya, musuh tersebut bakal lebih bersiap seperti, misalnya, menggunakan helm. Respons seperti ini bikin Phantom Pain terasa sangat nagih.

Itulah daftar game stealth terbaik sepanjang masa versi Gamerisme.

Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.