Review Mortal Kombat Onslaught: Bukan untuk Penggemar Mortal Kombat

7.5
Review Overview

Tak lama setelah kehadiran Mortal Kombat 1 yang menandai era baru dari waralaba ini, NetherRealm memperluas semestanya ke versi ponsel lewat game berjudul Mortal Kombat: Onslaught.

Rilis pada 18 Oktober 2023, Onslaught membawa kita pada gameplay yang sama sekali berbeda. Bukan game fighting dengan bumbu-bumbu petualangan yang selama ini identik dengan Mortal Kombat, melainkan team-based RPG.

Kamu akan membentuk skuat berisikan empat hingga lima fighter yang semuanya berasal langsung dari semesta Mortal Kombat. Masing-masing fighter memiliki role berbeda, tetapi tujuan utamanya sama: Mengalahkan pasukan lawan.

Cerita sebagai inti utama

Pada mode Story, pasukan lawan yang dimaksud adalah dedengkotnya Shinnok. Alkisah, Elder God Shinnok yang terpuruk tengah berusaha mendapatkan kembali kekuatannya dengan mengumpulkan relik dari seluruh semesta.

Dipimpin oleh Scorpion, tugasmu lewat tim yang kamu buat adalah menghentikan misi Shinnok tersebut.

Mode Story ini tersebar dalam 10 bab dengan lebih dari 300 pertarungan yang tersedia. Pada tahap awal masa perilisan, kamu bisa mengakses 4 bab awal. NetherRealm Studios menjanjikan bab-bab cerita berikutnya mulai tahun depan.

Baca Juga  7 Hal Penting dari Update FF OB44 "Patch Naga"

Yang menarik, cerita yang tersaji benar-benar hadir ke dalam game alias bukan sekadar sinopsis yang kamu baca di deskripsi Play Store atau App Store.

Cerita tersebut bisa kamu ikuti lewat deretan cut-scene yang diselipkan setiap sebelum dan sesudah pertarungan. Presentasinya bergaya sinematik, dengan sudut gambar yang menarik, serta tambahan subtitle dari tiap percakapan sebagai pelengkap konteks.

Dalam satu dekade terakhir, cut-scene dengan kualitas Hollywood memang telah menjadi elemen tambahan dari seri Mortal Kombat, melengkapi adegan-adegan gore yang sudah ada sejak dulu. Ini hadir dengan cara istimewa di Mortal Kombat 1.

Lewat Mortal Kombat Onslaught, NetherRealm Studios tampaknya ingin menghadirkan atau bahkan menonjolkan elemen serupa di layar yang lebih kecil: Smartphone. Maka, untuk aspek ini, Onslaught jelas telah berhasil memenuhinya.

Lantas bagaimana dengan pertarungannya?

Pertarungan berlangsung otomatis

Tidak seperti Mortal Kombat biasa, pertarungan di Onslaught terjadi secara real time 4v4 dan berlangsung otomatis. Kamu hanya terlibat ketika hendak mengaktifkan skill karakter. Itu pun sederhana mengklik ikon karakter di bawahnya.

Baca Juga  Mortal Kombat Onslaught Resmi Rilis di Android dan iOS, Hadir sebagai Team-Based RPG

Kabar baiknya, skill yang kami maksud mengambil referensi langsung dari gerakan spesial masing-masing fighter di semesta Mortal Kombat. Atraksi “Fatality” juga tetap ada, tetapi tentu dengan presentasi yang sedikit dijinakkan.

Untuk para penggemar Mortal Kombat, jelas sistem pertarungan ini tidak memuaskan. Aneh melihat game yang biasanya sangat melibatkan para pemainnya malah membuat kita hanya terlibat dalam mengklik tombol tertentu beberapa detik sekali.

Namun, bisa jadi game ini memang bukan menyasar penggemar Mortal Kombat seperti kamu, melainkan lebih sebagai sebuah upaya memperluas waralaba dan menggoda sebanyak mungkin penggemar baru untuk mencoba seri utamanya.

Elemen RPG

Sebagaimana RPG pada umumnya, Mortal Kombat Onslaught memungkinkan kamu untuk meningkatkan level karakter. Caranya adalah dengan menggunakan relik yang diincar Shinnok sehingga masih berkaitan erat dengan cerita.

Jadi, mengumpulkan relik tidak hanya menghalangi Shinnok mencapai tujuannya, tetapi juga bisa menambah statistik karakter kamu. Pada akhirnya ini akan membuka skill karakter tambahan, juga “Fatality” untuk menghabisi lawan.

Terdapat pula beragam Quest yang bisa kamu ikuti. Menyelesaikan setiap Quest memungkinkan kamu mendapatkan berbagai jenis item yang pada akhirnya bisa kamu gunakan kembali untuk memperkuat karakter.

Baca Juga  Jam Berapa Server FF Dibuka Hari Ini Setelah Update OB43?

Tentu saja harus ada gacha

mk onslaught

Gacha jadi salah satu elemen yang makin marak ditemukan di video game era kiwari, khususnya di perangkat mobile. Di Mortal Kombat Onslaught, kamu juga bisa menemukan gacha yang disebut sebagai “Summon”.

Summon berguna untuk mendapatkan karakter atau Kombatant yang bisa memperkuat tim kamu. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan Master Orbs yang sejauh ini hanya bisa didapatkan dengan cara top up.

Sebetulnya juga ada Summon gratis, tetapi peluang mendapatkan Kombatant yang diinginkan sangat kecil.

Mode lainnya

mk onslaught

Meski Story adalah fokus utama Mortal Kombat Onslaught, game ini juga menyediakan sejumlah mode lain yang bisa dicoba, termasuk PvP Arena untuk kamu yang ingin duel 1 on 1 melawan pemain lain secara online.

Seiring naiknya level akun, kamu juga bisa mengakses dua mode tambahan, yakni Boss Towers (harus mencapai Level 8 terlebih dahulu) dan Chasm (harus mencapai Level 5 terlebih dahulu).

***

Mortal Kombat Onslaught memperluas waralaba andalan NetherRealm yang kini memasuki fase baru. Game ini mungkin tidak memuaskan para penggemar Mortal Kombat, tetapi boleh jadi justru efektif untuk menggaet penggemar baru.

Lagi pula, NetherRealm mengatakan bahwa Onslaught berdiri pada dunianya sendiri.

Review Overview
7.5
Gameplay 7
Grafis 7
Story 9
Mode Game 7
TAGGED:
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dilarang copy paste!