Tidak Ada Nama Hideo Kojima di Credits MGS Master Collection Vol.1

By gamerismeID 1 Min Read

Nama Hideo Kojima sama sekali tidak disertakan oleh Konami di dalam credits Metal Gear Solid Master Collection Vol. 1 yang rilis belum lama ini.

Meski MGS adalah buah tangan Kojima, absennya nama sang maestro di dalam credits paket kompilasi seri MGS tersebut tentu saja tidak mengejutkan.

Memang sudah sejak lama hubungan Konami dan Kojima tidak berlangsung mulus. Puncaknya saat Kojima mengerjakan Metal Gear Solid V pada 2015.

Kala itu, pengembangan MGS V yang dipimpin tim Kojima dilakukan dengan engine baru yang ternyata membutuhkan biaya mencapai 80 juta dolar.

Biaya fantastis tersebut menyebabkan perselisihan yang berujung pada hengkangnya Kojima dari Konami, sebelum kemudian mendirikan studio sendiri.

Bukan hanya Kojima

Nama Kojima masih hadir di tiap judul game, tepatnya di intro dan penutup mengingat masing-masing judul hanya dirilis ulang dengan sejumlah penyesuaian minor.

Namun, pada credits untuk MGS Master Collection secara keseluruhan, tidak ada nama Kojima dan beberapa jajaran lain, termasuk David Hayter.

Menarik menantikan akan seperti tanggapan Kojima dan lainnya.

Metal Gear Solid Collection Vol 1 berisikan 3 judul awal seri MGS. Paket kompilasi ini tersedia untuk Nintendo Switch, PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, dan Steam.

Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.