Cara Refund Game di Steam dan Syarat-syaratnya

By gamerismeID 4 Min Read

Sudah telanjur membeli game di Steam tetapi ternyata spesifikasi PC kamu tidak cukup kuat untuk memainkannya? Jika pernah mengalami hal tersebut, wajar jika kamu mencari tahu cara refund game di Steam.

Steam adalah platform distribusi game digital terbesar di dunia. Di platform buatan Valve ini, kamu bisa membeli ribuan game PC, mulai dari game AAA hingga game-game yang dikembangkan oleh developer indie.

Pada masa tertentu, Steam juga kerap mengadakan diskon bertajuk Steam Sale, termasuk Spring Sale Steam 2024 yang akan digelar pada Maret ini. Event ini memungkinkan kamu membeli game dengan diskon besar-besaran.

Untuk membeli game di Steam, kamu hanya perlu mengisi saldo Steam Wallet. Kamu bisa top up Steam Wallet di beberapa situs top up seperti Unipin dan Codashop. Harganya bervariasi, mulai dari Rp6000 hingga Rp600 ribu.

Namun, bagaimana jadinya jika ternyata game yang kamu beli tidak sesuai dengan keinginan? Apakah game Steam bisa direfund?

Apakah game Steam bisa direfund?

refund game steam

Di Steam, kamu bisa melakukan refund game yang sudah dibeli. Fitur refund Steam pertama kali diperkenalkan oleh Valve pada Juni 2015. Bagi yang ingin melakukan refund, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Berikut syarat dan ketentuan refund game di Steam:

Game

Jika ingin melakukan refund game di Steam, klaim pengembalian hanya bisa dilakukan maksimal 48 jam setelah pembelian. Selain itu, item-item yang tersedia di dalam game belum digunakan, diubah, dan ditransfer ke manapun.

DLC

Refund DLC di Steam bisa dilakukan maksimal 14 hari setelah pembelian dan baru dimainkan kurang dari dua jam setelah pembelian DLC. Namun, tidak semua DLC bisa dikembalikan yang biasanya ditandai dengan keterangan “refund tidak tersedia”.

Item

Item yang dibeli di dalam game melalui Steam bisa direfund selama item tersebut belum diubah, digunakan, atau ditransfer ke akun lain. Refund item game bisa dilakukan dalam kurun 48 jam sejak pembelian item.

Steam Wallet

Steam Wallet yang dibeli langsung melalui Steam bisa direfund. Dengan catatan, saldo Steam Wallet belum digunakan. Refund Steam Wallet bisa dilakukan dalam kurun waktu 14 hari setelah pembelian.

Cara refund game di Steam

cara refund game di steam

Setelah mengetahui syarat dan ketentuannya, kamu bisa melakukan refund game di Steam melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Steam dan login dengan akun kamu.
  2. Klik halaman “Help” di Steam.
  3. Klik “Purchases” dan cari game yang ingin kamu refund.
  4. Pilih game yang ingin direfund, kemudian klik alasan kamu melakukan refund pada bagian “What problem are you having with this product?”.
  5. Setelah itu, klik “I’d like to request a refund”.
  6. Lengkapi formulir permintaan refund game di Steam.
  7. Setelah formulir dikirimkan, kamu akan menerima email konfirmasi pengembalian dana.

Refund game Steam berapa lama?

Refund game Steam akan dilaksanakan sekitar satu minggu sejak permintaan refund kamu disetujui. Pengembalian dana akan langsung masuk ke akun Steam Wallet kamu atau metode pembayaran lain sesuai ketentuan.

Itulah cara refund game di Steam. Meski tergolong fitur yang sederhana, fitur ini terbukti bisa membantu banyak pengguna, terutama yang PC-nya tidak cukup kuat untuk memainkan game yang dibeli.

TAGGED:
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.