MediaTek Helio G85 Setara dengan Snapdragon Apa?

By gamerismeID 4 Min Read

Di industri chipset smartphone, MediaTek dan Qualcomm adalah rajanya. Maka tak heran jika banyak yang membandingkan keduanya, termasuk dengan mencari tahu chipset Helio G85 setara dengan Snapdragon apa.

Helio G85 adalah salah satu chipset andalan MediaTek. Saat membicarakan chipset MediaTek tertinggi untuk main game, biasanya nama Helio G85 akan muncul ke permukaan. Chipset ini memang menawarkan performa yang kencang meski harganya terbilang murah.

Spesifikasi chipset MediaTek Helio G85

mediatek setara dengan snapdragon apa

Helio G85 adalah chipset yang banyak ditemukan di smartphone kelas menengah dengan kisaran harga mulai dari Rp2 jutaan hingga Rp4 jutaan. Meski begitu, performa yang ditawarkan terbilang prima di kelasnya.

Chipset Helio G85 bisa kamu gunakan untuk main game sedang hingga berat. Frame rate yang dihasilkan chipset ini relatif stabil. Yang menarik, konsumsi daya yang digunakan saat main game cukup rendah sehingga tergolong hemat baterai.

Berikut spesifikasi chipset Helio G85 selengkapnya:

  1. Core: Helio G85 memiliki delapan inti core yang terdiri dari dua unit Cortex A75 berkekuatan 2 GHz dan enam unit Cortex A55 dengan clock speed 1.8 GHz.
  2. Fabrikasi: Chipset ini dibuat menggunakan proses fabrikasi 12 nm, yang membantu dalam mengoptimalkan daya dan kinerja perangkat.
  3. Thermal Design Power (TDP): Helio G85 memiliki Thermal Design Power sebesar 5W, yang menunjukkan tingkat daya yang dikonsumsi dan panas yang dihasilkan oleh chipset.
  4. Teknologi Hyper Engine: Dengan teknologi Hyper Engine, Helio G85 dapat mengoptimalkan pengalaman bermain game sehingga memberikan performa yang lebih baik dan responsif.
  5. Manajemen: Chipset ini memiliki kemampuan manajemen CPU, GPU, dan memori yang dinamis untuk mengukur dan mengatur tingkat panas pada smartphone saat bermain game.
  6. Teknologi Artificial Intelligence (AI): HP yang menggunakan MediaTek Helio G85 dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada kameranya.

Dengan spesifikasi di atas, Helio G85 menjadi pilihan terbaik bagi yang mencari chipset harga murah tetapi punya performa terdepan. Bahkan, chipset Helio G85 setara dengan beberapa chipset Snapdragon dari Qualcomm.

Helio G85 setara dengan Snapdragon apa?

helio g85 setara dengan snapdragon berapa

Untuk mengetahui Helio G85 setara dengan Snapdragon apa, kamu bisa menggunakan perhitungan AnTuTu Benchmark. Dari sana terlihat bahwa Helio G85 setara dengan chipset Snapdragon 820.

Skor AnTuTu chipset Helio G85 mencapai angka 242.884. Angka tersebut terpaut sedikit saja dari Snapdragon 820, yakni 243.000. Hal ini membuktikan bahwa kedua chipset tersebut punya performa yang relatif setara.

Namun, berdasarkan perhitungan Geek Bench, performa Helio G85 sedikit lebih unggul daripada Snapdragon 820. Helio G85 memiliki skor 358 (single core) dan 1262 (multicore), sedangkan Snapdragon 820 hanya 319 dan 800.

Perbedaan mencolok tersebut terjadi karena Snapdragon 820 termasuk chipset jadul karena sudah rilis pada 2015. Bahkan sudah sangat sedikit smartphone terbaru yang menggunakan chipset Snapdragon 820.

Berbeda dengan Helio G85 yang rilis pada 2020 dan sudah mendukung beberapa teknologi terkini.

Rekomendasi HP MediaTek Helio G85 dan Snapdragon 820 terbaik

Jika kamu mencari HP dengan chipset Helio G85 dan Snapdragon 820 terbaik, berikut rekomendasinya:

  • Helio G85: Realme narzo 20, Realme Narzo 50A, Infinix HOT 10S, Infinix Note 12i 2022, Infinix Note 10, dan Vivo Y22
  • Snapdragon 820: Samsung Galaxy S7, LG G5, LG V20, Xiaomi Mi 5, Motorola Moto Z, OnePlus 3, Sony Experia XZs, Vivo Xplay 6

Itulah penjelasan tentang chipset Helio G85 yang ternyata setara dengan Snapdrgaon 820. Kamu prefer yang mana?

Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.