Spesifikasi dan Benchmark Snapdragon 7 Plus Gen 3, Pertama dengan AI!

By gamerismeID 3 Min Read

Entah persoalan gimmick belaka atau memang ada fungsi di baliknya, makin hari makin banyak industri yang membawa embel-embel AI generatif dalam produk buatan mereka. Terkini adalah chipset Snapdragon 7 Plus Gen 3 dari Qualcomm.

AI generatif adalah algoritma yang memungkinkan mesin untuk membuat dan memanipulasi konten berupa teks, gambar, musik, audio dan video. Fitur ini bekerja secara on-device karena tidak bergantung pada server jenis apapun.

Sebelumnya, Qualcomm hanya menyelipkan teknologi AI ke chipset Snapdragon khusus flagship. Maka, Snapdragon 7 Plus Gen 3 adalah chipset pertama dari keluarga series 7 yang mendapatkan fitur tersebut, seperti yang juga ditegaskan oleh General Manager of Mobile Handsets Qualcomm Technologies, Chris Patrick.

Yang jadi pertanyaan adalah seberapa bagus performa AI di chipset kelas menengah ini?

Spesifikasi Snapdragon 7 Plus Gen 3

spesifikasi snapdragon 7 plus gen 3

Qualcomm mengklaim bahwa teknologi AI pada Snapdragon 7 Plus Gen 3 memungkinkan chipset ini menghasilkan performa yang gahar dan memiliki efisiensi daya optimal. Berikut spesifikasi Snapdragon 7 Gen 3 selengkapnya:

  1. On-device Generative AI: Snapdragon 7 Plus Gen 3 menyertakan teknologi Generative AI yang berbasis di perangkat sehingga semua proses berkaitan dengan kecerdasan buatan bisa dilakukan secara langsung di perangkat.
  2. CPU dan GPU: Snapdragon 7 Plus Gen 3 dilengkapi dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa-core) dengan kecepatan maksimal 2,8 GHz, serta GPU Adreno terbaru dengan fitur Snapdragon Game Super Resolution.
  3. Snapdragon Elite Gaming Features: Chipset ini dilengkapi dengan fitur-fitur gaming premium, seperti Game Post Processing Accelerator dan Adreno Frame Motion Engine 2.
  4. Fotografi: Snapdragon 7 Plus Gen 3 menawarkan berbagai fitur fotografi terdepan termasuk 18-bit Triple Cognitive ISP, Semantic Segmentation, dan Snapdragon Low Light Vision (LLV).
  5. Fitur Hiburan: Chipset ini juga mendukung fitur hiburan seperti Spatial Audio dan LE Audio, serta HDR10 Plus untuk tampilan video yang lebih berwarna.
  6. Konektivitas: Fitur Qualcomm FastConnect 7800 memberikan dukungan untuk WiFi 7 pertama kali di Snapdragon series 7.
  7. Kamera dan Layar: Chipset ini mendukung kamera hingga 200 MP dan layar dengan resolusi hingga 4K dengan refresh rate hingga 240 Hz.

Skor Benchmark Snapdragon 7 Plus Gen 3

snapdragon 7 plus gen 3 setara dengan

Skor AnTuTu Benchmark untuk Snapdragon 7 Plus Gen 3 menunjukkan angka 1366982. Angka ini lebih besar dari semua Snapdragon seri 7 dan sebagian MediaTek Dimensity 8, tetapi masih di bawah beberapa seri Snapdragon 8 terbaru.

Snapdragon 7 Plus Gen 3 setara dengan chipset apa?

Snapdragon 7 Plus Gen 3 memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah daripada chipset Dimensity 8200. Dimensity 8200 menggunakan CPU yang terdiri dari prime core Cortex A715 (3.35 GHz), tiga inti high performance Cortex A715 (3.2 GHz), dan empat unit efficiency core Cortex A510 (2.2 GHz).

Tidak hanya spesifikasi dasarnya yang mirip, skor AnTuTu kedua chipset ini juga tidak terpaut terlalu jauh. Dilansir Nano Review, skor AnTuTu Dimensity 8200 mencapai angka 1538172, sedangkan Snapdragon 7 Plus Gen 3 mendapatkan skor 1366982.

TAGGED: ,
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.