Review EA Sports FC Mobile: Lebih dari Sekadar Ganti Nama

By gamerismeID 4 Min Read
ea sports fc mobile
8.5
Review EA Sports FC Mobile

Kandasnya kerja sama antara Electronic Arts (EA) dengan federasi sepak bola dunia membuat nama game FIFA berubah menjadi EA Sports FC. Ini berlaku untuk semua platform, termasuk FIFA Mobile.

Maka, kini nama resmi untuk versi HP-nya adalah EA Sports FC Mobile.

Kalau boleh jujur, ini nama yang terdengar amat simpel sekaligus cenderung malas. Sama seperti Konami yang memilih nama “eFootball” untuk menggantikan PES yang super ikonik.

Untungnya, EA menyikapi perubahan ini dengan serius, setidaknya untuk versi mobile-nya. Selama sekitar seminggu bermain, tak ada hal lain kecuali review positif yang patut diberikan kepada FC Mobile.

Belum sempurna, tapi bukan lagi game robot!

Pergerakan pemain jadi hal yang paling terasa di FC Mobile. Kalau dulu game dari EA ini identik dengan pergerakan pemain yang seperti robot, kini tidak terlihat sekaku sebelumnya.

Fitur True Player Personality yang dijanjikan hadir mampu diimplementasikan dengan cukup baik meski belum sempurna. EA melakukan perubahan menyeluruh pada aspek ini, dan kami rasa cukup berhasil.

Tentu, yang kemudian terkena impaknya adalah gameplay. Kamu akan merasakan kepuasan tak terhingga ketika melewati lawan, saat mencetak gol, atau bahkan sekadar melepaskan operan.

Tak percaya? Cobalah lakukan cut inside dengan pemain sayap favoritmu. Ketika tiba di depan gawang, lepaskan placing ke sudut jauh. Lengkungan bolanya terasa realistis dan memuaskan

Tidak benar-benar sempurna sih, bahkan bisa dibilang belum bisa menyaingi kesenangan gameplay eFootball Mobile. Namun, jika bicara progres, yang ditampilkan FC Mobile positif sekali.

Sudut kamera yang lebih realistis

ea fc mobile gameplay

FC Mobile menambahkan opsi pengaturan sudut kamera. Pilihannya cukup banyak, sama seperti versi konsol. Kamu bahkan bisa memilih sudut kamera yang menyerupai siaran langsung di televisi.

Untuk menambah kesan estetik, momen-momen tertentu seperti set piece, selebrasi setelah mencetak gol, hingga entrance scene saat memasuki lapangan juga hadir dengan presentasi yang lebih menarik.

Yang tak kalah keren, kamu bisa merasakan efek “zoom” saat akan melepaskan tendangan kencang alias “Power Shoot”, salah satu fitur yang memang sudah dijanjikan EA sejak jauh hari.

Semua hal tersebut berpadu dengan tampilan rumput yang lebih segar serta atmosfer stadion yang lebih hidup. Efek maksimal dari elemen visual ini bisa kamu rasakan dengan setting Ultra.

Manajemen tim

Kamu tidak bisa lagi asal menaruh pemain dengan OVR tinggi di posisi manapun. EA telah merombak total sistem ini sehingga rating pemain akan terpengaruh jika tidak ditaruh di posisi terbaiknya.

Oleh karena itu, pemilihan formasi dan penempatan pemain di FC Mobile sangat penting.

Meski agak ketinggalan dari eFootball Mobile yang lebih dulu menerapkannya, perubahan sederhana dari EA untuk FC Mobile ini adalah langkah positif yang berhasil membuat game mereka lebih baik.

Hal sederhana lain yang diterapkan dengan sempurna oleh EA adalah menu Locker Room. Kini, kamu bisa menyesuaikan jersey tim, mengubah opsi lengan panjang/pendek, hingga memilih nomor punggung.

Mode permainan makin variatif berkat Liga Champions

ea sports fc mobile

Seperti edisi sebelumnya, mode bermain yang variatif masih jadi unggulan FC Mobile. Mode versus, PVP, Manager, dan beragam quest menarik bisa kamu temukan di dalam game.

Meski tidak akan ada lagi FIFA World Cup seiring dengan berakhirnya kerja sama dengan FIFA, hadirnya UEFA Champions League sudah lebih dari cukup untuk menambah variasi bermain.

Terlepas dari beberapa hal menarik tersebut, tidak banyak perubahan dari mekanisme gacha untuk mendapatkan pemain di dalamnya. Beberapa paket seperti battle pass juga masih relatif mahal.

Selain itu, kamu juga masih akan menghadapi beberapa permasalahan server seperti pertandingan yang berakhir tiba-tiba padahal jaringan kamu tidak bermasalah–tentu saja tidak separah eFootball.

Namun, secara keseluruhan, EA Sports FC Mobile adalah game sepak bola menarik yang berhasil melampaui edisi sebelumnya. Terasa lebih realistis, menyenangkan, serta tidak membosankan.

ea sports fc mobile
Review EA Sports FC Mobile
8.5
Visual 9 out of 10
Gameplay 9 out of 10
Kontrol & mekanik 8 out of 10
Mode 8,5 out of 10
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.