10 Urutan Game God of War dari Awal sampai Akhir

By gamerismeID 6 Min Read

God of War adalah salah satu franchise game yang paling dihormati dalam sejarah industri game. Untuk memahami ceritanya secara utuh, ada baiknya kamu mengetahui urutan game God of War dari awal sampai akhir.

Di God of War, kita akan engikuti perjalanan sang protagonis, Kratos, dari dewa hingga manusia biasa, dan kembali lagi sebagai pembunuh dewa. Aspek cerita yang kuat tersebut berpadu dengan gameplaynya yang epik dan menyenangkan.

Jika kamu ingin memahami sepenuhnya kronologi perjalanan Kratos, Gamerisme akan membahas urutan game God of War yang sesuai dengan alur cerita mulai dari awal sampai akhir. Yuk, simak urutan selengkapnya di sini.

Urutan game God of War

God of War pertama kali dirilis pada 2005 untuk platform Playstation 2. Sejak saat itu, game ini berkembang menjadi franchise yang amat populer. Bahkan hingga Sony merilis Playstation 5, God of War masih hadir sebagai salah satu game eksklusif.

Hingga saat ini, terdapat 10 judul seri game God of War yang bisa kamu mainkan di sejumlah platform. Mulai dari God of War yang rilis pada 2005 hingga God of War Ragnarok yang kini bisa kamu mainkan di PS5.

Berikut urutan game God of War dari awal sampai akhir selengkapnya.

1. God of War: Ascension (2013)

urutan game god of war pertama, god of war ascension

God of War: Ascension membawa kita ke awal perjalanan Kratos sebagai Dewa Pembunuh sebelum dia menjadi Ghost of Sparta. Di game ini, kita menyaksikan Kratos memerangi Dewa Perang, Ares, dalam upaya untuk membebaskan dirinya dari kutukan dan rahasia yang mengikatnya dengan mitologi Yunani.

2. God of War: Chains of Olympus (2008)

Urutan game God of War yang kedua adalah God of War Chains of Olympus. Berlangsung setelah peristiwa Ascension, Chains of Olympus menceritakan Kratos dalam upayanya untuk melawan Dewa Matahari, Helios. Dalam petualangan ini, Kratos menemukan dirinya berhadapan dengan tantangan yang mengubah takdirnya selamanya.

3. God of War (2005)

urutan game god of war dari awal sampai akhir

God of War adalah game pertama dari seri ini tetapi tidak berada di urutan pertama dalam kronologis cerita. Di game ini, kita menyaksikan Kratos dalam pencariannya untuk membalas dendam atas pengkhianatan yang menyebabkan penderitaan dalam hidupnya. Perjalanan Kratos membawa kita melintasi mitologi Yunani sambil memperlihatkan kegigihan dan kebrutalannya.

4. God of War: Ghost of Sparta (2010)

Melanjutkan dari peristiwa pertama, God of War Ghost of Sparta yang rilis pada 2010 membawa kita lebih dalam ke dalam masa lalu Kratos. Seri ini coba mengungkapkan asal-usulnya dan hubungannya dengan keluarganya. Kita juga menyaksikan perjuangan Kratos yang tak kenal lelah dalam melawan musuh-musuhnya.

5. God of War: Betrayal (2007)

Sementara game lainnya tersedia untuk platform konsol, God of War Betrayal termasuk sebagai satu-satunya game God of War yang tersedia di perangkat mobile. Dalam game ini, Kratos dijebak atas pembunuhan Argos oleh musuh misterius yang bertujuan merusak hubungannya dengan penduduk Olympus.

6. God of War II (2007)

Sebagai sekuel langsung dari game pertama, God of War II membawa kita ke dalam perjalanan Kratos untuk menghancurkan Dewa Olimpus, Zeus. Seperti seri terdahulu, game ini masih berkutat pada upayta Kratos untuk dan balas dendam atas pengkhianatan yang lebih besar. Berdasarkan kronologis, God of War II berada di urutan keenam.

7. God of War III (2010)

God of War III hadir untuk melengkapi trilogi God of War. Dalam petualangannya kali ini, Kratos terus mengejar balas dendamnya terhadap para Dewa Olimpus, mencapai puncak pertempurannya di Gunung Olimpus. Game ini menutup saga Yunani yang sekaligus menjadi urutan ketujuh game God of War secara keseluruhan.

8. God of War: A Call from the Wilds (2018)

God of War: A Call from the Wilds adalah urutan game God of War kedelapan. Game ini hadir sebagai spin off yang menceritakan putra Kratos, Atreus. Hubungan Kratos dan keluarganya masih menjadi daya tarik, tetapi fokus utama adalah keberadaan putranya tersebut. Game ini rilis pada tahun 2018.

9. God of War (2018)

Sekuel yang berbeda dalam hal gameplay dan naratif, God of War (2018) mengikuti Kratos dan putranya, Atreus, dalam perjalanan mereka di tanah Norse. Di game ini, Kratos dan anaknya sedang menjalankan misi untuk menyebar abu mendiang Faye dari puncak tertinggi di Nine Realms. Faye diceritakan meninggal pada awal game.

10. God of War Ragnarok (2020)

urutan game god of war terakhir, god of war ragnarok

God of War Ragnarok menjadi urutan terakhir dari seri populer ini. Game yang rilis pada 2022 ini mengambil latar waktu tiga tahun setelah insiden Nine Realms dan masih melibatkan Kratos dan Atreus. Sejumlah karakter lama lain masih akan kita temui, tetapi ditambah dengan beberapa karakter pendatang baru sebagai bumbu naratif.

Itulah urutan game God of War yang bisa kamu jadikan pedoman sebelum memainkan game ini, terutama jika ingin menamatkan semuanya berdasarkan kronologi cerita.

TAGGED: , ,
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.