20 Tahun Kemudian, Proyek Game Daredevil PS2 yang Dibatalkan Akhirnya Bisa Dimainkan

By gamerismeID 2 Min Read

Pada awal 2000-an, 5000 Ft. Studio sedang mengembangkan game Daredevil PS2 yang berjudul The Man Without Fear. Game tersebut akan hadir dengan konsep open world dengan cerita yang berfokus pada Elektra yang kembali hidup.

The Man Without Fear akhirnya tidak pernah dirilis lantaran proyek tersebut dibatalkan pada 2003.

20 tahun kemudian, ketika PS2 tidak lagi jadi andalan Sony, bahkan sudah memiliki tiga konsol “penerus” (PS3, PS4, PS5), sebuah prototipe dari game tersebut muncul dan bisa dimainkan.

Prototipe ini dibagikan oleh Hidden Palace melalui salah satu anggotanya yang bernama Casuallynoted, 31 Oktober lalu. Ia tampaknya mendapatkan prototipe tersebut dari salah satu developer anonim 5000 Ft.

Karena prototipe, tentu saja ada banyak bug tersebar, crash di beberapa bab awal, juga glitch. Lagi pula, game ini memang tidak pernah dikerjakan hingga selesai. Toh, proyeknya dibatalkan.

Daredevil: The Man Without Fear tadinya direncanakan sebagai proyek sederhana beranggaran rendah, yang fokus menceritakan beberapa momen ikonik di komik Daredevil saja.

Namun, ketika 5000 Ft mengetahui bahwa Sony sedang mengembangkan film Daredevil versi Ben Affleck, game ini direncanakan untuk sesuatu yang lebih besar dan berubah menjadi game open world.

Ketika semua sudah dicanangkan, tiba-tiba muncul permintaan dari Sony yang ingin mengubahnya menjadi game ‘beat ’em ‘up. Berbanding terbalik dengan Marvel yang ingin tetap sejalan dengan versi filmnya.

Konflik itu makin pelik dengan adanya masalah lain: Adaptasi mesin RenderWare yang tidak optmal, perubahan konsep dari open world menjadi game aksi linier, hingga kasus narkoba di dalam studio.

Tenggat rilis pada Februari 2023 akhirnya gagal dipenuhi, memaksa perusahaan merencanakan tanggal rilis terbaru. Sayangnya, konflik antara Marvel dan Sony membuat proyek itu batal sepenuhnya.

20 tahun kemudian, siapa yang mengira bahwa The Man Without Fear akhirnya bisa dimainkan, meski dalam kondisi yang cacat sana-sini.

TAGGED:
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.