Daftar Lengkap Buff dan Nerf Karakter FF 2024

By gamerismeID 5 Min Read

Setiap update terbaru rilis, Garena melakukan buff dan nerf karakter Free Fire (FF). Ini bertujuan untuk membuat gameplay menjadi lebih seimbang sehingga tidak ada karakter yang terlalu kuat atau pun terlalu lemah dalam permainan.

Di FF, buff adalah peningkatan statistik atau kemampuan tertentu pada karakter dan senjata yang dianggap terlalu lemah. Sebaliknya, nerf merupakan istilah yang merujuk para penurunan kemampuan atau kekuatan karakter dan senjata tertentu yang dianggap terlalu kuat.

Lantas, seperti apa buff dan nerf karakter FF 2024? Berikut informasi selengkapnya.

Patch Tahun Baru (OB43)

buff dan nerf karakter ff 2024

Patch Tahun Baru merupakan bagian dari update FF OB43 yang rilis pada Januari 2024. Terdapat empat karakter yang mendapatkan buff dan empat karakter yang mengalami nerf di update FF edisi ini. Siapa saja yang mendapatkan buff dan nerf karakter FF 2024?

Ignis (Buff)

Pada Patch Tahun Baru, Garena memberikan perubahan pada layar api Ignis. Ukuran layar api dan efeknya ditingkatkan, memastikan bahwa api tidak hanya membakar lebih besar tetapi juga lebih efektif menghalangi pergerakan musuh.

Homer (Buff)

Skill drone Homer telah mendapatkan upgrade besar dalam update FF Januari 2024. Tidak hanya jangkauan ledakan yang lebih luas, tetapi dengan cooldown hanya 60 detik, dia bisa menargetkan musuh berikutnya dalam sekejap.

Wukong (Buff)

Wukong mendapatkan buff pada update FF OB43. Garena menghilangkan pengurangan kecepatan pada skill Wukong yang memungkinkan karakter ini bergerak lebih cepat dan leluasa daripada biasanya. 

Chrono (Buff)

Chrono terkenal memiliki skill mematikan tetapi punya cooldown penggunaan skill yang terlampau panjang. Oleh karena itu, Chrono mengalami buff dengan mempersingkat cooldown sehingga memungkinkan Chrono untuk merebut kembali posisinya.

Tatsuya (Nerf)

Patch Tahun Baru membatasi jumlah skill Tatsuya yang bisa ditumpuk. Namun, skill ini tidak lagi terganggu ketika berlari turun di lereng, dan bahkan, jarak larinya akan lebih jauh ketika diaktifkan sambil melompat.

Sonia (Nerf)

Dalam patch ini, Garena melakukan nerf terhadap karakter Sonia dengan menghilangkan fitur hidup kembali andalannya. Namun, update ini tetap mempertahankan aksi terakhir Sonia untuk memberikan damage.

Orion (Nerf)

Pada patch Tahun Baru, Garena melakukan nerf terhadap kemampuan Orion untuk mengejar lawan dengan cara mengurangi kecepatan geraknya saat skill sedang aktif. Perubahan ini bertujuan untuk memposisikan kembali skill Orion agar lebih condong untuk pertahanan.

Antonio (Nerf)

Antonio mengalami nerf pada update FF OB43. Yang dikurangi adalah kemampuan bertahan lewat shield yang dia miliki. Garena menyeimbangkan shield Antonio untuk menjaga gameplay tetap adil dan seimbang.

Patch Naga (OB44)

buff dan nerf karakter ff april 2024

Update FF OB44 “Patch Naga” rilis secara resmi pada 17 April 2024. Pada update ini, ada enam karakter yang mendapatkan buff dan satu karakter yang nerf. Berikut daftar lengkap buff dan nerf karakter FF 2024:

Ryden (Buff)

Ryden mendapatkan buff di update FF terbaru 2024, tepatnya pada kemampuan laba-laba miliknya. Garena menyesuaikan kemampuan laba-laba Ryden supaya lebih mudah digunakan agar manfaat skill-nya dapat lebih dirasakan saat berperang.

Santino (Buff)

Patch Naga FF akan memperpanjang durasi manekin Santino sehingga membuat karakter ini memiliki waktu lebih untuk menyusun strategi dan mengeksekusi taktik. Sebelumnya, durasi manekin Santino terbilang lama, yakni 12 detik.

Caroline (Buff)

Di patch Naga FF, Caroline mendapatkan buff berupa kecepatan gerak. Penambahan kecepatan gerak yang Caroline bisa berikan ketika menggunakan Shotgun membuat penggunanya bisa mengejar pemain lain dengan lebih lincah.

Nikita (Buff)

Nikita juga menjadi salah satu karakter FF yang mendapatkan buff di update OB44. Buff tersebut berupa meningkatnya kecepatan reload Nikita dalam pertempuran, membuat karakter perempuan FF ini lebih efektif dan fleksibel.

Joseph (Buff)

Karena cooldown skillnya terlalu lama, Joseph mendapatkan buff berupa cooldown skillnya yang dikurangi menjadi 45 detik. Oleh karena itu, skill Joseph bisa digunakan lebih sering di dalam pertempuran.

Kapella (Buff)

Di update terbaru FF April 2024, teman yang dibantu oleh Kapella akan menerima peningkatan kecepatan gerak, sehingga lebih lincah untuk langsung membantu tim kamu dalam pertempuran. Buff ini membuat Kapella lebih berguna secara kolektif.

Tatsuya (Nerf)

Di patch ini, Cooldown skill Tatsuya akan sedikit diperlama. Hal ini agar pemain bisa menggunakan skill Tatsuya dengan lebih bijak dan hati-hati, di mana setiap kali skill digunakan merupakan keputusan strategis bukan impulsif.

Itulah daftar buff dan nerf karakter FF 2024. Apakah karakter favorit kamu mendapatkan buff? Atau justru nerf?

TAGGED:
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *