Spesifikasi dan Harga Orange Pi Neo, Handheld Gaming dengan OS Linux

Di masa mendatang, akankah aktivitas gaming didominasi oleh konsol genggam? Mustahil menjawabnya sekarang, tetapi mesti diakui bahwa belakangan ini makin banyak handheld gaming baru bermunculan. Terkini: Orange Pi Neo!

Akun Twitter @ManjaroLinux yang pertama kali membocorkan keberadaan konsol genggam ini. Namun, untuk sementara, Orange Pi Neo hanya tersedia di wilayah China. Belum ada informasi kapan handheld ini hadir secara global.

Lantas, seperti apa spesifikasi dan berapa harganya?

Spesifikasi Handheld Orange Pi Neo

spesifikasi orange pi neo

Sekilas, Orange Pi Neo mengingatkan kita dengan salah satu konsol genggam terpopuler saat ini. Desainnya minimalis dengan peletakan tombol yang cukup strategis. Mengingatkan kita dengan Nintendo Switch.

Baca Juga  Urutan Chipset MediaTek Terendah sampai Tertinggi, Mana yang Bagus untuk Game?

Handheld Orange Pi Neo hadir dalam dua varian, yakni varian yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 7840U dan varian dengan AMD Ryzen 7 8840U. Prosesor ini didesain khusus untuk perangkat mobile.

Kedua varian handheld tersebut sama-sama menggunakan 2 keping RAM berkapasitas masing-masing 8GB dan penyimpanan 500GB. Kombinasi yang terbilang powerful untuk ukuran konsol genggam.

Untuk layar, Orange Pi Neo dilengkapi layar 7 inci FHD+ dengan 120Hz Refresh Rate. Tersedia pula berbagai macam opsi konektivitas, mulai dari USB4, USB-C, Wifi 6E, Audio Jack 3.5mm, hingga slot SD Card tambahan.

Urusan daya tahan, konsol ini menggunakan baterai 50Wh yang mampu menjalankan aktivitas gaming sedang hingga berat maksimal selama 3 jam. Cukup tinggi jika dibandingkan dengan PC gaming pada umumnya.

Harga Orange Pi Neo

harga orange pi neo

Handheld Orange Pi Neo versi 7840U dibanderol sekitar 7 jutaan rupiah, sedangkan varian 8840U sekitar 9 jutaan. Namun, tidak diketahui apakah handheld ini bakal dijual secara resmi di Indonesia.

Satu yang pasti, Orange Pi Neo menggunakan sistem operasi Linux, bukan Windows ataupun Steam OS seperti kebanyakan handheld gaming PC. Faktor yang sepertinya akan membuat kita berpikir panjang untuk membelinya.

TAGGED:
Share This Article
Follow:
Gamerisme adalah situs berita, event, dan promo terkait video game terdepan di Indonesia. Temukan juga konten menarik lain seperti listicle dan konten interaktif yang tidak akan kamu temukan di situs lain.
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dilarang copy paste!